Nama : Monalisa Oktavia
Kelas : 3eb20
NPM :
24210516
Tulisan 16
PASAR GLOBAL
Pasar global timbul bukan tanpa alasan. Itu
merupakan respon kuat semakin tingginya persaingan antarbangsa. Dalam hal apa?
Yang paling nyata adalah munculnya revolusi teknologi informasi. Akibatnya
sekat-sekat pewilayahan nasional dan internasional telah menjadi hilang. Dengan
demikian maka transaksi perekonomian pun jadi mengglobal. Mereka yang kuat
dalam temuan-temuan inovasi, ekspansi pasar, dan mutu sumbersaya manusia akan
semakin mampu bersaing. Disitu seperti biasa maka akan muncul dua pelaku global
yakni pemenang dan pecundang.
Apa persamaan dan perbedaan antara pemenang dan
pecundang dalam pasar global ini? Persamaannya adalah keduanya tidak mampu
memerkirakan perubahan yang bakal terjadi. Semua serba tidak pasti karena itu
tidak mudah diantisipasi dan tidak bisa dikendalikan. Sementara perbedaannya
adalah dalam sisi derajat kemampuan merespon langkah perubahan. Steve Kerr
dalam Dave Ulrich Human Resource Champions, 1997) mengungkapkan pemenang tidak
akan terkejut dengan perubahan yang tidak terantisipasi; mereka akan
mengembangkan kemampuan untuk menyesuaikan diri, belajar dan merespon. Sedang
pecundang akan menghabiskan waktu untuk mengontrol dan menguasai perubahan
daripada merespon dengan cepat.
Dave Ulrich mengatakan perubahan eksternal akan
menimbulkan respon untuk melakukan perubahan pada tiga hal. Pertama adalah
perubahan inisiatif yang berfokus pada pengimplementasian program, proyek atau
prosedur baru seperti impelentasi struktur organisasi baru, pelayanan pada
pelanggan, dan peningkatan kualitas. Kedua adalah perubahan proses dimana
perusahaan fokus pada cara pekerjaan dilakukan. Disini dilakukan identifikasi
proses utama dan kemudian dicoba dikembangkan suatu proses dengan simplifikasi
kerja, nilai tambah, dan usaha rekayasa lainnya. Sementara perubahan ketiga
adalah dalam mengadaptasi kultur terutama dari eksternal. Nilai-nilai budaya
perusahaan yang baru kemudian ditransformasikan pada karyawan dan konsumen.
Selain itu proses perubahan yang juga termasuk
sangat substansi yakni perubahan visi perusahaan. Disitu ada pernyataan
cita-cita apa yang ingin dicapai perusahaan pada masa depan yang tidak sedikit
akan berhadapan dengan beragam dimensi turblulensi eksternal. Untuk itu dinilai
penting tumbuhnya dinamika perubahan cara pandang masa depan dari setiap
pengelola dan karyawan. Suatu perubahan tidak sekedar diposisikan sebagai
kewjiban namun sebagai kebutuhan setiap individu. Perusahaan harus menyediakan
“nutrisi” yang dibutuhkan sehari-hari. Tentunya untuk mengembangkan gagasan,
pemikiran suatu pendekatan baru.
Sumber:
http://manajemenkita.blog.com/2012/03/30/pentingnya-perubahan-menghadapi-pasar-global/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar