Minggu, 28 Oktober 2012

Tulisan 9 (Jurnal Akuntansi)


Nama: Monalisa Oktavia
Kelas: 3eb20
NPM: 24210516
TULISAN 9

JURNAL AKUNTANSI

Pengertian jurnal akuntansi adalah sebuah catatan yang tersusun secara sistematis dan berdasarkan  kronologis dari transaksi-transaksi finansial yang jumlah dan keteranganya ringkas diantaranya waktu kejadian ,keterangan transaksi serta debet dan kredit. Jurnal disebut juga “book of original entry” .. sesudah memahami pengertian jurnal Selanjutnya mengetahui pentingnya jurnal. 
          Seberapa pentingnya jurnal?
·         Jurnal merupakan pencatatan yang  pertama untuk mencatat keuangan perusahan.
·         Jurnal dalam pencatatanya harus lengkap dan terperinci menurut kejadian transaksi.
·         Jurnal merupakan catatan akuntansi yang mengharuskan  mencatat transaksi-transaksi.
·         Jurnal biasanya lengkap dengan penjelasan,tanggal dan informasi lain karena akan digunakan untuk mengusut kembali ke dokument sumbernya/formulir.

Prinsip dasar perencanaan jurnal
©       Jurnal akan digunakan untuk memisahkan transaksi kedalam golongan pokok tertentu , seperti penerimaan kas, pengeluaran kas, penjulan dan pembelian.
©       Untuk mengurangi pekerjaan pembukuan yang terperinci harus digunakan kolom-kolom khusus pencatatan jurnal  memungkinkan memposting jumlah per kolom ke dalam rekening yang bersangkutan di dalam buku besar.
©       Nama kolom dalam jurnal harus sesuai dengan nama rekening yang bersangkutan dalam buku besar yang akan menerima jumalk yang akan di bukukan dari jurnal.
©       Sedapat mungkin jurnal harus dirancang sedemikian rupa sehingga menyalin informasi dari dokument sumbernya dibuat dan ditetapkan hubungan dokument sumber tertentu dengan jurnal sehingga pertanggung jawaban kebenaran informasi dapat ditentukan.

Macam-macam jurnal
©       Jurnal pembelian
©       Jurnal penjulan
©       Jurnal penerimaan kas
©       Jurnal pengeluaran kas
©       Jurnal umum

Langkah perancangan jurnal
©       Mengumpulakan informasi mengenai karakteristik transaki yang terjadi dalam perusahaan
©       Membuat jurnal standar untuk setiap jenis transaksi yang frekuensi terjadi tinggi
©       Merancang jurnal berdasarkan jurnal standar tersebut.

Fungsi jurnal
©       Fungsi pencatatan , artinya semua transaksi yang terjadi berdasarkan bukti  dokument yang ada harus dicatat seluruhnya,
©       Fungsi historis artinya transaksi dicatat sesuai kejadian waktunya.
©       Fungsi analisis artinya setiap transaksi yang dicatat dalam juranal harus merupakan analisis dari bukti bukti transaksi.
©       Fungsi instruktif artinya pencatatan dala jurnal merupakan instruksi atau perintah untukmelakukan posting debet/kredit ke dalam buku besar.
©       Fungsi informatif artinya jurnal dapat memberikan informasi transaksi yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar