Selasa, 25 Desember 2012

Tugas 4 (Contoh Kalimat Efektif dan Tidak Efektif)


Nama: Monalisa Oktavia
Kelas : 3eb20
NPM : 24210516
Tugas 4

Contoh Kalimat Efektif dalam Paragraf:
          Banjir adalah salah satu bencana alam yang rutin terjadi setiap tahun di Indonesia, yang sering memakan korban yang tidak sedikit, baik jiwa, harta maupun sarana dan prasarana bagi kehidupan masyarakat termasuk jalan dan jembatan. Akibat dari banjir ini banyak sekali anak-anak yang terlantarkan karena masih kurangnya bantuan dari pemerintah dan masyarakat. Sungguh sangat malang nasib anak-anak itu. Dan terkadang banyak juga warga memilih bertahan di atap rumahnya, dan belum ada yang mengungsi.

Contoh Kalimat Tidak Efektif :
Banjir adalah salah satu bencana alam yang rutin terjadi setiap tahun di Indonesia, yang sering memakan korban yang tidak sedikit, baik jiwa, harta maupun sarana dan prasarana bagi kehidupan masyarakat termasuk jalan dan jembatan. Akibat dari banjir ini banyak sekali anak-anak yang terlantarkan karena masih kurangnya bantuan dari pemerintah dan masyarakat. Sungguh sangat benar-benar malang nasib anak-anak itu. Dan terkadang banyak juga warga memilih bertahan di atap rumahnya, dan belum ada yang mengungsi.

Pengertian Kalimat Efektif
Kalimat Efektif dapat kita artikan sebagai kalimat yang dapat menimbulkan gagasan-gagasan pada pikiran orang yang mendengar atau orang yang membaca kalimat tersebut. Dengan kata lain, sebuah kalimat bisa dikatakan sebagai kalimat efektif jika kalimat tersebut mampu menyampaikan gagasan, pesan yang terkandung di dalam kalimat tersebut, perasaan atau apapun yang hendak diberitahukan oleh penulis atau oleh orang yang menyampaikannya.
Kalimat efektif juga bisa diartikan sebagai sebuah kalimat yang susunan kata-kata didalamnya memiliki unsur subjek, oredikat, objek, dan keterangan. Kalimat efektif itu tidak berbelit-bekit. Singkat, padat, namun jelas. Kesekuruhan maksud si penyampai dapat diterima dengan baik.

Pengertian Kalimat Tidak Efektif
Kalimat Efektif dapat kita artikan sebagai kalimat yang tidak memiliki atau mempunyai sifat-sifat yang terdapat pada kalimat efektif. Berikut sebab-sebab ketidak efektifan suatu kalimat/paragraph:
1. Kalimat terlalu hemat.
2. Kalimat Berpadu.
3. Kalimat Logis.
4. Kontaminasi (merancukan 2 struktur benar 1 struktur salah)
5. Pleonasme (berlebihan, tumpang tindih)
6. Tidak Memiliki Subjek.
7. Salah Nalar.
8. Kesalahan Pembentukan kata
9. Pengaruh bahasa asing.
10. Pengaruh bahasa daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar