Sabtu, 29 Maret 2014

Tugas 3. Pelaporan dan Pengungkapan

Nama : Monalisa Oktavia
Kelas : 4eb20
NPM : 24210516

Perkembangan Pengungkapan
Perkembangan system pengungkapan sangat berkaitan dengan perkembangan system akuntansi. Standar dan praktik pengungkapan dipengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, system hokum, ikatan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi, tingkat pendidikan, budaya dan pengaruh lainnya.

·         Pengungkapan sukarela
Manajaer memiliki informasi mengenai kinerja perusahaan saat ini dan pada masa mendatang yang lebih baik dibandingkan pihak eksternal. Beberfapa studi menunjukan bahwa manajer memiliki dorongan untuk mengungksp informasi tersebut secara sukarela. Manfaat dari pengungkapan yang lebih ditingkatkan adalah biaya transaksi yang lebih rendah dalam memperdagangkan surat berharga yang dikeluarkan perusahaan.

·         Ketentuan Pengungkapan Wajib
Untuk melindungi para investor, kebanyakan bursa efek  bersama dengan badan professional atau pemerintah pembuat aturan seperti Komisi Pasar Modal AS dan kementrian keuangan dijepang memberlakukan ketentuan pelaporan dan pengungkapan bagi perusahaan domestic dan asing yang mencari akses kepada pasar-pasar tersebut. Bursa-bursa ini ingin memastikan bahwa investor memiliki informasi yang cukup untuk mengevaluasi kinerja dan prospek sebuah perusahaan.

Praktik Pelaporan dan Pengungkapan
Praktik pengungkapan dalam laporan tahunan mencerminkan respons manajer terhadap ketentuan pengungkapan yang dikeluarkan oleh badan legulator dan insentif yang mereka dapatkan jika menyediakan informasi kepada pengguna laporan keuangan secara sukarela.

·         Pengungkapan Informasi yang Melihat Masa Depan
Pengungkapan informasi yang melihat masa depan dianggap sangat relevan dalam pasar ekuitas diseluruh dunia. Laporan keuangan tahunan harus memuat indikasi kemungkinan perkembangan perusahaan dimasa depan, perusahaan diharuskan mengungkapkan informasi yang telah diketahui pada saat ini yang akan berpengaruh secara material terhadap likuiditas, sumber daya modal dan hasil  operasi di masa depan.

·         Pengungkapan Segmen
Permintaan investor dan analisa akan informasi mengenai hasil operasi dan keuangan segmen industry  dan segmen geografi perusahaan tergolong sugnifikan dan semakin meningkat.

·         Laporan Arus Kas dan Arus Dana
IFRS dan standar akuntansi di Amerika Serikat, inggris dan sejumlah besar Negara-negara lain mengharuskannya penyajian pelaporan arus kas. Adopsi ketentuan laporan arus kas baru-baru ini dinegara –negara seperti jepang dan cina mencerminkan semakin pentingnya perhatian oleh para analis dan para pengguna pelaporan keuangan terhadap informasi arus kas.

·         Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial
Pelaporan ini mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi mengenai pengaruh suatu perusahaan terhadap kesejahteraan karyawannya, masyarakat setempat dan lingkungan.

·         Pengungkapan Khusus Bagi Para Penggguna Laporan Keuangan Nondomestik dan atas Prinsip Akuntansi yang Digunakan

Pengungkapan ini untuk mengakomodasi para pengguna laporan keuangan domestic. Pengungkapan yang dimaksud adalah penyajian ulang untuk kenyamanan, penyajian ulang hasil dan posisi keuangan secara terbatas menurut kelompok kedua standar akuntansi, satu set lengkap laporan keuangan sesuai kelompok kedua prinsip akuntansi.

·         Pengungkapan Tata Kelola Perusahaan
Pengungkapan ini berhubungan dengan alat-alat internal yang digunakan untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah perusahaan, tanggung jawab, akuntabilitas dan hubungan duantara para pemegang saham, anggota dewan dan para manajer yang dirancang untuk mencapai tujuaan perusahaan.

·         Pengungkapan dan Pelaporan Bisnis Melalui Internet

World Wide Web semakin banyak digunakan sebagai saluran penyebarluasan informasi, penyebaran secara elektronik juga menawarkan keuntungan seperti tidak terlalu mahal, komunikasi seketika dan penyebaran secara interaktif. XBRL (eXtensible Business Reporting Language) merupakan awal revolusi pelaporan keuangan.

Sumber : http://valiani-softskill.blogspot.com/2014/03/pelaporan-dan-pengungkapan_15.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar